Sabtu, 01 Februari 2014

Modus-Modus Kejahatan di Jakarta dan Sekitarnya

Assalamu'alaikum
Hai bloggers dan readers, kali ini ane mau kasih tau berbagai modus kejahatan di Jakarta dan sekitarnya yang ane tahu. Semoga setelah ane kasih tau para bloggers dan readers bisa lebih berhati-hati lagi ya.. Nah ini dia macam-macam modus kejahatannya. 

1. Modus penipuan dengan berkedok dapet hadiah dari undian suatu produk. Padahal aslinya itu produk lagi ga ngadain undian. Biasanya seorang penipu dengan kedok undian itu pasti meminta sebuah tebusan untuk hadiahnya. Padahal kalo yang bener-bener undian itu diadain ga bakal dimintain tebusan. Cara satu-satunya membuktikan bahwa undian itu bener-bener ada adalah dengan menghubungi nomor costumer service dari produknya.

2. Modus sms minta pulsa. Nah ini nih modus yang sering ane kerjain. Modus kejahatan ini lucu banget. Pernah nih ane nerima sms kaya begini isinya "Ma, tolong isikan dulu pulsa simpati 20 ni nomornya 0821********" trus ane bales "Ih siapa elu?". Padahal kan ane buka emaknya dia. Cara jail ngadepin kalo ada sms begitu adalah kalian kerjain balik bahkan kalo perlu spam aja, kaga ngapalah buang pulsa dikit. hehehe 

3. Modus pembiusan di tempat umum. Kalo modus ini ane belum pernah ketemu, amit-amit dah kalo sampe ketemu dah. Biasanya saat penjahatnya beraksi dengan modus ini berpura-pura nawarin makanan, minuman, atau ga tisu. Nah, dari sinilah kalian harus berhati-hati. Ane berpesan nih, lebih baik kalo para bloggers dan readers bepergian usahakan membawa makanan, minuman, atau tisu sendiri dan kalo kehabisan ya beli dong. Cara ngatasin tuh "tukang bius" adalah dengan menolak keras tawarannya, tapi dengan cara yang baik-baik ya kalo tuh penjahat nawarinnya dengan baik-baik. 

4. Modus penipuan berkedok tabungan/koperasi. Korbannya biasanya golongan menengah ke bawah yang incaran utamanya yaitu ibu-ibu. Intinya tuh penjahat awalnya getol banget promosi kalo nabung di "tukang tipu" ini uangnya bisa berlipat ganda dari sebelumnya, nah tapi kalo uang yang dikumpulin dari ibu-ibu atau bapak-bapak yang nabung ke itu penjahat udah banyak, pasti tuh penjahat kabur. Modus ini termasuk modus kejahatan yang sudah lama, entah dari tahun kapan modus kaya begini mulai muncul. Modus ini adalah salah satu modus yang paling cepet menghasilkan uang karena pasti banyak peminatnya. Saran ane, lebih baik kalo ingin menabung, nabung lah di tempat yang bener-bener terjamin tempatnya, jangan yang abal-abal kaya gitu..

5. Modus seperti penjambretan, pencopetan, perampokan dan sebangsanya adalah modus yang paling banyak ane temuin. Keahliannya mah cuma butuh tenaga yang kuat buat lari-larian sama kecerdikan doang. Nah, untuk kalian yang mungkin akan menjadi korban (tapi jangan sampe deh), kalian harus berhati-hati dengan cara membekali diri untuk melawan tuh "maling" seperti ikut pelatihan bela diri, membeli alat-alat yang bisa menakut-nakuti tuh "maling" dan masih banyak lagi. Dan yang jelas, dimanapun kalian berada, kalian harus berhati-hati. Kejahatan itu ga mengenal siapa korbannya, dimana tempatnya, dan kapan waktunya.

6. Modus penculikan lewat social media. Modus ini juga harus bener-bener kalian waspadai, khususnya bagi pelajar yang sering menggunakan social media. Setiap ada seseorang yang ga kalian kenal mengajak kalian ngechat, kalian harus berhati-hati apalagi sampe nanya-nanyain tinggalnya dimana. Wah itu mah udah harus bener-bener di curigain, kalo perlu di unfriend klo di facebook, unfollow di twitter, dan di un un lah. Kalo ga lebih bagus banget di blokir sekalian. hehehe

7. Modus pelecehan seksual di tempat umum. Nah kalo modus kejahatan ini harus diwaspadain bagi para bloggerswati dan readerswati, karena bener-bener mengancam keamanan #oouwww. Nah, solusi yang tepat biar ga kedapetan modus ini adalah pake pakaian yang sopan, membekali diri dengan suatu keahlian, dan lain-lain. Nah, kalo ada orang yang pandangannya mencurigakan, kalian mesti berhati-hati apalagi kalo pandangannya udah "mupeng". Kalo tuh "peleceh" udah ngelakuin, kalian jangan malah teriak, tapi gebukin dianya nah kalo perlu ditendanglah. Ane tuh paling benci sama ini penjahat, karena ini penjahat sudah membuat keamanan wanita ga terjamin lagi. Kalo ane ketemu pengen ane kemplang dah.

Nah, itu aja modus kejahatan yang ane tau. Kalo kalian ada yang tau, silahkan komentar di postingan ini dan ane mohon maaf kalo ada salah dan ada yang tersinggung karena ane masih belajar. Semoga bisa menambah wawasan lagi untuk kalian.

Wassalamu'alaikum

Sumber : Sumber Gambar

0 komentar: