Sabtu, 11 Januari 2014

Gaya Gesek

Assalamu'alaikum
Buat para bloggers dan readers, kali ini ane mau jelasin tentang  gaya gesek. Sebelumnya ane minta maaf kalo ada salah dalam penulisan maupun materinya..
 
Gaya Gesek
Gaya gesek adalah hambatan yang terjadi ketika dua permukaan benda bersentuhan. Gaya gesek bersifat menahan berat benda dan arah gayanya ke atas. Jadi, gaya gravitasi bersifat menarik benda yang arahnya ke bawah akibatnya gerak jatuh benda menjadi menjadi lebih lambat dan kecepatan jatuhnya dapat diperlambat oleh gaya gesek. Gaya gesek memiliki beberapa manfaat, yaitu :

  1. Membantu benda bergerak tanpa tergelicir. Contohnya ketika para readers dan bloggers lagi jalan, antara kaki atau sepatu kalian dengan lantai atau jalan harus ada gesekan. Kalo ga ada gaya geseknya, kalian ga bakal bisa bergerak karena tergelincir.
  2. Untuk menghentikan benda yang sedang bergerak. Contohnya, pas kalian lagi pada main sepeda trus tiba-tiba ada bocah lewat, pasti kalian mencengkram remnya supaya bocah itu ga ketabrak kan?
  3. Menahan benda agar tidak bergeser. Contohnya, di rumah kalian pasti banyak perabotan kan? Kalo ga ada perabotan berarti itu rumah kosong(?). Misalkan perabotan-perabotan rumah kalian ga ada gaya geseknya, ya udah dah ambruk semua dah tuh perabotan.
Selanjutnya, ane mau ngasih contoh beberapa benda yang dapat memperbesar gaya gesek. berikut ini.
  • Bahan karet, menghasilkan gaya gesek yang kuat bila bersentuhan dengan permukaan jalan dan lantai seperti rem sepeda, sol sepatu, tali timba sumur, dll.
  • Paku-pakuan atau pul, adalah struktur macam paku, biasanya ada di bagian bawah sepatu contohnya pada sepatu pemain sepak bola dan sepatu pendaki gunung bersalju.
Kerugian gaya gesek, contohnya :
  1. Menghambat gerakan
  2. Mengikis permukaan
  3. Memboroskan energi untuk mengatasi gaya gesek
Dan terakhir, ane mau ngasih tau cara mengecilkan gaya gesek
  • Pertama, dengan cara memasang roda
  • Kedua, dengan cara memasang bantalan peluru
  • Terakhir, dengan cara menghaluskan permukaan benda
Nah, selesai lah penjelasan dari ane, semoga bermanfaat yoo..
Wassalamu'alaikum^^

0 komentar: