Kamis, 16 Januari 2014

Resensi Buku

Assalamu'alaikum
Ketemu lagi nih sama ane. Ane sekarang mau ngasih contoh resensi buku nih. Kalo para bloggers dan readers dikasih tugas buat meresensi buku, tinggal liat aja nih ke blog ane. Nah ini dia resensi buku yang ane buat..

Judul Buku : Mari Belajar IPA untuk SMP/MTs Kelas IX
Pengarang : Elok Sudibyo, Wahono Widodo, Wasis, dan Dwi Suhartanti
Editor                     : Eko Supatmawati
Perancang Kulit     : Gatut P
Layouter                  : Wiwik
Ilustrator                 : Tri Edie
Ukuran Buku           : 17,6 x 25 cm
Penerbit                   : PT. Karya Mandiri Nusantara
Tebal buku                : viii + 280 halaman

            Buku ini merupakan buku pelajaran yang berisi tentang berbagai macam pelajaran IPA kelas IX SMP dan sudah memenuhi standar pelajaran. Berbagai bentuk pemaparan dalam buku ini, diantaranya berupa kegiatan, penjelasan uraian, lab saku, latihan dan bina keterampilan.
            Buku ini berisi berbagai hal yang berkaitan dengan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam terutama biologi dan fisika dengan dilengkapi dengan gambar-gambar yang akan memperjelas materi yang sedang dibahas. Di akhir dari masing-masing materi, terdapat evaluasi yang berisi soal-soal yang sesuai dengan materi bab agar siswa termotivasi untuk mengerjakannya.
            Pada materi IPA bagian biologi, membahas tentang ilmu yang mempelajari struktur bagian dalam tubuh yaitu sistem ekskresi pada manusia, sistem reproduksi manusia, dan sistem saraf dan indera manusia. Di samping itu, buku pelajaran IPA ini juga membahas tentang kelangsungan makhluk hidup, pewarisan sifat, serta teknologi reproduksi dan bioteknologi.
            Untuk materi bagian fisika, membahas tentang berbagai hal tentang listrik yaitu listrik statis, elemen dan arus listrik, rangkaian listrik, serta daya dan energi listrik. Selain itu, ada pula materi kemagnetan, elektromagnetik dan ditutup dengan materi tata surya.  Pada halaman-halaman terakhir buku ini terdapat glosarium yang diberikan kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami istilah yang belum diketahui. Ada pula kunci jawaban indeks yang berisi informasi yang dapat mempermudah siswa mencari objek yang akan dipelajari dan kunci jawaban yang diberikan supaya siswa dapat mencocokkan jawaban dari soal yang sudah dicari, serta ada daftar pustaka yang berisi informasi berupa sumber-sumber yang digunakan dalam penyusunan buku ini.
            Dengan membaca buku ini, siswa dengan mudah mempelajari pelajaran IPA dan guru mudah untuk menyampaikan materi pembelajaran. Tetapi, ada beberapa kesalahan yang dimuat di dalam buku ini, yaitu berupa kesalahan dalam menulis soal, kunci jawabannya, dan kesalahan dalam pengetikan. Walaupun begitu, buku ini sangat menarik untuk dibaca karena dapat meningkatkan pengetahuan dasar dan keterampilan tentang pelajaran IPA.

Itulah contoh resensi buku yang ane buat. Mohon maaf kalo dalam penulisan ada tiponya. Sampai jumpa ^^
Wassalamu'alaikum

0 komentar: